Kebutuhan dan Keinginan. Dilematis tapi Realistis

Dilihat dari judul, gue emang pengen nulis sesuatu yang agak bener malem ini. Awalnya gue kepikiran nulis ini karena gue abis baca buku Raditya Dika yang Manusia Setengan Salmon. Di akhir satu bab gue nemu quotes yang artinya kira-kira gini "Kadang kita ga selalu nemuin apa yang kita pengen, tapi kalo kita mau berusaha, mungkin kita bisa nemuin apa yang kita butuhkan". Singkat, padat, jelas, dan nancep. 
Sejenak gue jadi mikir, sampai akhirnya gue sampai pada kesimpulan bahwa "kita ga selalu bisa dapat apa yang kita pengen, tapi yang kita butuhkan selalu ada jadi gantinya"
BUTUH-INGIN. Dua kata singkat tapi beda makna. Butuh lebih berkaitan dengan logika, sedangkan ingin lebih menggarisbawahi kemauan hati.



Cotoh real yang terjadi dalam kehidupan gue adalah, saat mendekati  kelulusan SMA gue pernah berkeINGINan masuk kedokteran UNDIP. Dengan alasan, gue pengen belajar hidup mandiri, dan pengen masuk kedokteran aja. Tapi setelah roda waktu berputar, ternyata Allah SWT mentakdirkan nama TRESNA PUSPA HERDANI ada di lembar absen Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi.
Pas awal-awal kuliah, entah kenapa gue masih kebayang aja kalo saat itu almamater gue warnanya biru dongker dan kampus ada di deket RS Dr. Kariyadi Semarang (katanya FK udah pindah ke tembalang ya ?). Tapi di kamar gue tergantung apik almamater hijau dan kenyataan bahwa kampus gue ada di samping Velodrome Jalan Pemuda itu

Dan saat gue memandang almamater yang tergantung di kamar gue berpikir "apa ini yang bener-bener gue pengen? atau ini garis takdir yang udah ditulis buat gue karena ini yang bener-bener gue butuhin? kenapa gue ga masukin FK UNDIP di pilihan SNMPTN? siapa tau aja gue keterima". Dan sekarang gue -akhirnya- menemukan jawaban dari pertanyaan gue tadi.

1. "Apa ini yang bener-bener gue pengen? atau ini garis takdir yang udah ditulis buat gue karena ini yang bener-bener gue butuhin?"
jawabannya : "Engga, ini bukan keinginan gue 100%. Tapi, ya, ini yang gue butuh. Awalnya gue emang ga kepikiran buat jadi guru (kepikiran sih, tapi dikit) terlebih bokap dukung gue banget buat jadi dokter. Tapi, kalo gue keterima di FK UNDIP dan bukan FMIPA UNJ apa iya gue bisa jadi tresna yang sekarang? mungki belum banyak yang gue rasain. tapi setidaknya ada satu hal penting yang perlu gue garis bawahi di sini. yaitu, gue nyaman dengan dunia gue sekarang. gue ga tau apa kalo gue jadi anak FK gue bakal ngerasa seperti ini? bukan ga mungkin kan gue akhirnya stress dan memutuskan untuk mengakhiri hidup gue dengan cara ga makan 3 bulan? (engga deh. ga elit banget cara mati gue. lagian ga bakal mungkin kali ya gue ga makan 3 bulan -__-) akhirnya gue sadar kalo dunia ini memang yang gue butuhkan, bahkan saat ini gue akuin untuk banyak hal. salah satunya untuk ngelatih public speaking skill gue sendiri. dari dulu gue paling seneng dan -ehm- lingkungan sekitar gue juga bilang gue punya nilai plus di bidang itu. Dari jaman SD gue selalu ngelatih dan ngembangin talenta yang Allah SWT titipkan dengan cara sering dijadiin MC secara paksa oleh beberapa guru, jadi moderator, bikin sambutan perpisahan, pelepasan, penyambutan tamu, MC kawinan (eh nikahan deng),  sampai jualan barang kreditan di arisan ibu-ibu (yang terakhir becanda *krik*) yah, intinya jadi guru memang kebutuhan untuk gue dan orang-orang di sekitar gue :) "

2. "Kenapa gue ga masukin FK UNDIP di pilihan SNMPTN? siapa tau aja gue keterima."
Jawab : "Kalo gue bener keterima di UNDIP, maka postingan ini ga akan terbit di Jakarta, ga akan gue tulis di atas kasur yang paling gue cintai, dan tadi gue ga akan bisa bercanda sama bokap nyokap dan adek-adek gue karena gue pasti ada di Semarang, ngekost, dan jauh dari keluarga. Kalo di buku Manusia Setengah Salmon, Dikung nulis gini, "Makin tua umur kita seharusnya kita makin ngerasa pengen deket sama keluarga kita, bukannya pengen ngejauh." Dilematis emang, apalagi di umur gue yang waktu itu (lulus SMA) 17 tahun rasa ingin mandiri sangat menggebu-gebu. anggapan bahwa hidup ngekost dan jauh dari orang tua adalah salah satu pembuktian gue ke ortu bahwa gue bisa hidup mandiri sangatlah terasa keren di mata gue -pada saat itu- Tapi nyokap bokap bener-bener ga setuju dengan pemikiran gue, akhirnya dengan isyarat melambaikan tangan bendera putih, gue memupuskan keinginan itu. sempet gondok sih (jujur kan gue -__-) , tapi kegondokan gue runtuh seketika saat gue mulai memasuki dunia perkuliahan. OSPEK di pagi buta, tugas yang segambreng, acara ini-itu, laporan yang berbanjar, dan pating srintilan dunia kuliah yang lain menghantui gue cukup untuk membuat gue down karena shock ngadepin perubahan yang cukup drastis di waktu yang singkat. ya gimana engga, abis UN libur 4 bulan  trus langsung "ketiban" tugas se-alaihim gambreng gitu. gue bahkan sempet nangis dan ngadu sama nyokap, nyokap ngasih semangat dan voila! gue mulai menikmati rutinitas ini. Ga kebayang kalo saat itu gue harus ngadepin semuanya sendirian, jauh dari orang tua. gue akan semakin ga keurus. pulang pergi ke rumah aja kadang pola makan gue masih ga keurus, apalagi ngekos? bisa-bisa kurus gue (iya gue tau, gue emang pengen kurus kok ._.). itu baru masalah makan belom masalah cucian, gosokan, bebenah yang mungkin bakal ga kehandle kalo gue ngekost. secara untuk urusan dalem negeri gue termasuk tipe "numpuk dulu baru jalan" (tapi masalah hati engga kok) . ternyata kuliah di Jakarta adalah hal yang emang bener-bener gue butuhkan, gue bisa tetep deket dengan keluarga, dipantau sama orang tua, dan yang terpenting gue sangat menikmati dunia perkuliahan ini dengan adanya dukungan dari oran-orang yang gue sayang :) "

Keinginan-kebutuhan. kadang berbenturan, dilematis, tapi kita harus realistis. kita ga boleh selamanya ngikutin hati. hidup juga harus pake logika. contohnya di saat hujan kita pengen banget es krim tapi yang ada malah wedang jahe, yaudah minum aja toh emang itu kok yang kita butuh (kalo ga doyan boleh ganti? *krik*). Allah SWT, Tuhan YME sangat tau apa yang kita butuhkan. Oleh karena itu Allah SWT tidak pernah memberikan hal yang salah. Kadang, prsangka kita saja yang salah, kecewa saat hal yang kita inginkan tidak terwujud. padahal belum tentu hal itu baik untuk kita. tapi lihatlah salah satu Janji Allah SWT di dalam Al-Quran ini :

Allah Subhanahu wata'ala berfirman,
وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ
“… Boleh jadi kamu membenci seseuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216) 

see? Allah tidak pernah mengecewakan kita. Kita ingin, tapi belum tentu itu yang kita butuhkan.

dan untuk kamu, selalu terselip harapan dalam doaku pada Allah SWT, Tuhan YME,  agar aku menjadi orang yang kamu butuhkan, bukan hanya diinginkan. Amin.

Okay, maybe that's all :)
Happy reading guys :) 
*salam kecup muah muah dari aku*

Comments

Popular posts from this blog

Mana yang Duluan? (The Ways to Manage Your Priority)

BIOTONE 2011 (y)

Kita Memang Harus Berbeda